Billiard menurut saya bisa diartikan sebagai Olah Raga tapi juga bisa diartikan sebagai hiburan. Sebab jenis olahraga ini memang salah satu olahraga yang bisa menghasilkan prestasi tapi juga mempunyai aspek yang sangat menghibur untuk dimainkan. Sayangnya kalo hanya asal nyodok dan bola tidak masuk2 kan juga boring kan ?? :d . Makanya di blog ini saya ingin berbagi pengalaman ma temen2 tentunya dalam hal ini sama dalam hal berbagi pengetahuan. Kalo ada yang kurang bener ya harap maklum… :d namanya juga masih belajar…..

Ini sebagian teori dasar maen billiard supaya jadi koreksi pembelajaran bersama khususnya bagi sesama pemula yang hobby dan suka maupun yang ingin belajar Billiard.
Tentunya tulisan saya ini masih jauh dari sempurna karena belum berdasarkan acuan buku mana pun. Janji deh …ini lagi ngumpulin buku referensi dan sering nanya ma master billiard n yang ahlinya dalam billiard yang nantinya PASTI akan dibuat jadi tulisan dalam blog ini. Jadi untuk sementara teori yang saya tulis ini merupakan pemahaman dan pengalaman saya dalam bermain billiard selama ini ( tapi masih aja tetap Cupu ….:d ) Menurut saya teknik dasar ini sangat penting untuk pemula dan yang baru mau belajar billiard. Karena saya sering berbagi dengan orang yang baru belajar dengan metode ini… tapi bukan berarti saya jago / ahli maen billiar, saya cuma mau membagi pengalaman saya. Dan saya harap jika ada yang salah atau tidak benar ya maaf namanya juga belajar…:d. Tapi tolong dikoreksi ya agar ke depan menjadi lebih baik. Nah langsung aja deh kita mulai sharingnya…..
Posisi Badan


POSISI BADAN & KAKI

· Posisi badan dan kaki diusahakan seimbang . Berat badan jatuh di tengah2 jadi imbang sehingga sewaktu melepaskan / mengayun stick terasa nyaman.
· Merenggangkan kaki dengan posisi L kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan membentuk sudut 45 derajat.
· Untuk posisi kaki yang ditekuk terserah bisa kaki kanan atau pun kaki kiri tergantung dari mana pemain merasa nyaman dengan posisi bola yang akan dipukul.
· Yang perlu diingat adalah ketika setelah memukul bola badan jangan terburu-buru berdiri sb ini adalah salah satu kesalahan fatal dari pemain yang baru belajar.

TANGAN
· Tangan Kanan : Sewaktu tangan memegang stik posisi menggenggam tapi jari tangan lemas dan lentur ( seperti memegang palu sewaktu utk memukul paku kan tidak mungkin kaku ) intinya 3 jari tangan yang menjepit stick billiard ( lentur ) yaitu antara ibu jari , telunjuk dan jari tengah yang memegang stick sedang jari lainnya yakni jari manis dan kelingking hanya menempel stick.
· Ayunan stik berasal dari siku tangan BUKAN dari bahu lho…. jadi bahu tangan tetap naik sedang speed / tenaga lari bola berasal dari ayunan siku tangan kanan.
· Ayunan jangan terlalu banyak … Maksudnya ayunan harus ada iramanya . Contohnya ayunan stick 3x ayunan dan jangan terlalu panjang krg lbh ya 20 cm lah. Iramanya sbg cth 1 , 2 , 3 berhenti diulang 3 x baru siap untuk dilepaskan / didorong / push jangan tegang / kaku. Usahakan pertama kali menaruh stick jangan lsg diayun tapi tempelkan ujung stick ke bola putih dan pastikan arahnya stick sudah pas belom ke arah target bola. Yang perlu diingat sewaktu mendorong bola usahakan bahu lengan tangan kanan tidak turun terlalu banyak .
· Posisi tangan kiri atau bridge stick harus kokoh seperti sedang menarik kain laken meja dan jangan terlalu jauh dengan bola putih. Kira2 satu jengkal dengan bola putih.
· Sewaktu menusuk / melepas bola stick tidak boleh keluar / lepas dari bridge tangan kiri.
MATA
· Pandang dengan konsentrasi sudut target bola sebelum meletakkan posisi stick.
· Kalo sudah yakin sudut bola kemudian arahkan stick ke target bola dan pastikan ulang apakah ujung stik udah pas ke target bola yang mengarah ke lobang yang dituju. Cara membidik bola target adalah arahkan mata pertama kali ke bola putih kmd bola target apakah sudutnya sudah pas ke lobang ? Jika sudah maka tidak boleh melirik ke lobang lagi jadi tinggal bola putih kmd sudut target bola. Diulang sampai yakin dan kmd ayunkan irama stick rasakan speed cue kmd baru stick boleh didorong.
· Usahakan mata jangan berkedip dan tahan nafas sehingga didapat feeling seperti seolah-olah kita mau membidik target dengan senapan angin. Kan tahan nafas supaya tidak goyang…. :d

POSISI STICK
· Posisi stik sebelum diayun adalah datar meskipun untuk door / Follow , trek / drop shot . Kecuali utk posisi bola tertentu kan disesuaikan dengan kebutuhan.
· Posisi stick berhenti ketika akan dilepaskan sebab untuk merasakan feeling berapa besar speed yang dibutuhkan untuk placing bola berikutnya.
· Posisi stick sewaktu menusuk / memukul bola jangan terlalu dalam ke bola putih sb supaya tidak goyang . ( Akurasi nya lebih baik ).
· Selesai memukul stiknya jangan langsung diangkat sehingga diharapkan pukulan tidak goyang.

MENTAL & STARTEGI
· Jangan takut bola tidak masuk / tidak yakin dengan sudut bidik kita. Semakin sering takut maka kecemasan yg akan terjadi. Intinya smua itu berdasar konsentrasi dan ketelitian seseorang.
· Berlatihlah seperti bertanding dan bertandinglah seperti berlatih. Dengan mental atau sikap kebiasaan ini maka kita akan terbiasa dengan sikap santai tapi serius dan sebaliknya.
· Jangan Takut kalah dan memikirkan sesuatu di lain hal sewaktu memukul bola.
· Kesabaran , Teliti & Konsentrasi.
· Jangan pernah menganggap remeh bola gampang ataupun lawan kita meskipun di bawah kita..
· Jangan pernah kesal , kecewa / frustasi dengan keadaan bola , sikap lawan. Biarkan saja mengalir apa adanya. Tetap semangat.
· Yang paling penting sebelum memulai pertandingan adalah Berdoa … Pasti Lhoooo


Tips Bermain Billiard
1. Lupakan yang lain
Selalu berusaha untuk berkonsentrasi pada pukulan yang akan anda ambil, tentunya setelah anda mengkalkulasi penempatan bola putih setelah memukul. Jangan memikirkan penonton, lawan anda, menang atau kalah. Pastikan di pikiran anda bahwa anda ada pada saat itu untuk memukul bola yang sedang anda tuju. Usahakan memasukkan bola sebanyak mungkin. Bila anda gagal memasukkan bola, jangan memikirkan kesalahan tersebut berulang kali saat anda duduk. Ingat kembali pukulan terbaik yang pernah anda lakukan pada permainan tersebut agar anda tidak lagi terlalu banyak melakukan kesalahan.
2. Safety
Layaknya sepak bola billiard, juga merupakan permainan yang menggunakan strategi, apakah bertahan atau menyerang. Tidak selamanya posisi bola menguntungkan untuk anda, jadi tidak semua bola harus dimasukkan. Berlatihlah untuk dapat menguasai tenaga pukulan anda, berlatihlah untuk memahami sudut pantul bola dan efek yang anda berikan pada bola putih. Hal ini tak lain agar anda dapat menggunakan safety shoot pada saat anda mendapatkan posisi bola yang tidak menguntungkan. Untuk itu yang perlu anda latih dalam safety shoot adalah spin, sudut pantul, dan kontrol tenaga pada saat memukul bola.
3. Kuasai meja permainan
Anda juga harus mengetahui kedudukan bola yang ada didalam meja permainan, sehingga anda dapat dengan mudah menempatkan bola putih pada posisi yang tepat untuk bola berikut. Meja yang anda gunakan juga harus anda pahami, mulai dari “cloth”-nya maupun “cushion”-nya. Simonis terbuiat dari nylon weave, hal ini menyebabkan bola meluncur lebih cepat dan pergerakan bola menjadi natural, sedangkan Mercury merupakan kombinasi cotton dan nylon, hal ini membuat bola meluncur sedikit lambat dan pergerakan bola agak kurang natural.
4. Berlatih, berlatih, dan berlatih.
Dari beberapa tip diatas, semuanya tidak akan bisa dilakukan dengan baik tanpa berlatih. Berlatihlah kapan saja, jangan berpikir bermain untuk menang tetapi bermain untuk memperbaiki pukulan anda. Ganti variasi pukulan anda, jangan terlalu kaku dengan gaya lama agar anda dapat lebih bereksperimen dengan berbagai macam efek
     Itu dulu ya sementara tulisan yang saya dapat buat.. tolong dikoreksi dan dibantu lewat coment2 nya . next artikel akan saya tulis sementara saya mau cari materi lewat buku billiard dulu ya…Blm dapet2 nih.. Aw gatal tangan mao latihan dulu ahhh…..
semoga membantu.

1 komentar:

d'amour mengatakan...

And Good Luck..
Lol..

Posting Komentar